Jalan Depan KPU RI Sudah Ditutup karena Debat Capres
1 min read

Jalan Depan KPU RI Sudah Ditutup karena Debat Capres

JAKARTA —

Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), persisnya di depan Kantor KPU RI ditutup dari kedua arah pada Selasa (12/12/2023) siang. Penutupan dilakukan untuk memastikan acara debat perdana antarcapres di halaman depan KPU RI pada Selasa malam berjalan lancar.

Jalan Imam Bonjol tampak sudah ditutup dari kedua arah pukul 14.30 WIB. Polisi memasang barier besi di kedua dan sejumlah kendaraan taktis Polri terparkir.Puluhan aparat kepolisian juga berjaga di ruas jalan tersebut. Beberapa di antaranya adalah personel Brimob yang membawa senjata pelontar gas air mata.

Kapolres Metro Jakpus Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, penutupan atau sterilisasi Jalan Imam Bonjol sebenarnya diterapkan mulai pukul 16.00 WIB. Hanya saja, proses sterilisasi dilakukan beberapa jam  sebelumnya.

“Kami mengimbau kepada warga masyarakat yang akan melintas di sekitar KPU RI sore nanti untuk mencari jalan alternatif lain dikarenakan adanya rekayasa lalu lintas di sekitaran KPU RI,” kata Susatyo, Selasa.

Susatyo menyebut, pengamanan lokasi sekitar debat melibatkan 2.120 personel dari unsur TNI, Polri, dan instansi terkait. Ribuan personel itu akan melakukan penjagaan di tiga lapisan ring pengamanan.

“Kami menghimbau kepada simpatisan dan para pendukung Paslon yang akan mengikuti prosesi debat calon presiden (capres) untuk bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya,” ujarnya.

Debat perdana antarcapres akan dimulai pukul 19.00 WIB. Ajang adu gagasan itu mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres mereka masing-masing ikut hadir sebagai pendamping, tapi tak boleh ikut berbicara.

Teman debat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.Debat terdiri atas enam segmen, yang empat di antaranya merupakan ruang bagi capres untuk saling sanggah .

Moderator debat adalah dua jurnalis TVRI, Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya. Ajang adu gagasan itu ditanyakan secara live di TVRI dan RRI. Enam segmen debat akan berlangsung selama 120 menit dan ditambah durasi iklan selama 30 menit.

Bisa saling sanggah…